Kamis, 30 Agustus 2012

Apakah Sebenarnya Alam Semesta Itu ???


Penemuan fisika modern menunjukkan bahwa alam semesta beserta isinya hanyalah merupakan suatu kumpulan persepsi. Dengan kata lain, apa yang kita lihat sebenarnya bukanlah suatu objek sesungguhnya, tapi hanyalah sinyal listrik yang dibentuk oleh otak kita sendiri. Majalah ilmu pengetahuan Amerika Serikat yang terkenal, New Scientist, mengangkat fakta ini dalam terbitan 30 Januari 1999; “Beyond Reality: Is the Universe Really a Frolic of Primal Information and Matter just a Mirage?” (Di Luar Realitas: Apakah Alam Semesta Sebenarnya Sebuah Pesiar Informasi dan Materi Hanyalah Fatamorgana?). Kumpulan persepsi yang dimaksud adalah hasil proses panca indera dengan cara teramat canggih yang dibentuk oleh otak berupa kumpulan sinyal listrik, bukan persepsi dari objek penginderaan yang sesungguhnya. Lantaran kumpulan persepsi ini hanyalah hasil tafsiran otak terhadap stimulan-stimulan elektris yang datang dari suatu objek.
LANTAS BAGAIMANA MATA KITA BISA MELIHAT OBJEK YANG SEMPURNA?
Foton yang bergerak dari benda dibelokkan dan difokuskan menuju retina di belakang mata. Foton diubah menjadi sinyal-sinyal listrik yang diteruskan sel saraf ke otak. Sinyal listrik membentuk objek yang kita saksikan.
Apabila seseorang melihat suatu benda, yang ia saksikan sebenarnya bukanlah objek yang nyata, namun sinyal listrik dalam otaklah yang ia saksikan.
JIKA SEMUA MATERI ADALAH PENAMPAKAN FATAMORGANA, MAKA OTAK JUGA PASTI FATAMORGANA. LALU SIAPAKAH YANG MELIHAT SEBENARNYA?
Setelah kenyataan tentang materi terungkap, muncullah pertanyaan penting, "Jika materi di alam hanyalah penampakan, lantas bagaimana dengan otak kita? Kendati otak adalah materi seperti tangan, kaki dan benda lain."
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.
(Quran 57:20)
Salah satu pemikir terkemuka abad ini, Clarkly Brown juga memiliki pertanyaan yang sama. Ternyata wujud ghaib yang menggunakan otak yang melihat dan mendengar serta merasakan adalah ruh. Alam materi adalah segala sesuatu yang tampak dan dirasakan oleh ruh, dan inilah wujud absolut yang nyata dan materi adalah penampakkan yang dilihat oleh ruh.
Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita harus mempertimbangkan bahwa alam materi tidak ada dengan sendirinya, akan tetapi sekedar penampakkan. Oleh karena itu sudah sewajarnya bila penampakkan ini ada karena adanya kekuatan lain yang sangat besar dan berarti bahwa ini pasti telah diciptakan. Lebih dari itu penciptaan ini harus terjadi terus menerus, jika tidak demikian maka apa yang kita sebut dengan materi akan musnah dan hilang. Hal ini bisa disamakan dengan televisi yang terus-menerus menampilkan penampakkan gambar, jika siaran dihentikan maka penampakkan gambar pada televisipun akan hilang.
SEMOGA BERMANFAAT J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar